Jangan konsumsi susu berlebihan!

Susu memang menyehatkan dan merupakan sumber protein, kalsium, serta vitamin. Namun sebaiknya Anda membatasi konsumsi susu dan produk susu seperti keju, yogurt, dan lainnya karena alasan seperti yang dilansir dari Third Age berikut ini.

Hormon
Ada susu yang dihasilkan dari sapi dengan pemberian hormon buatan. Tujuan pemberian hormon tersebut tidak lain adalah untuk meningkatkan jumlah susu yang dihasilkan. Padahal, hormon buatan tersebut mengganggu keseimbangan sistem organ tubuh manusia dan bisa memicu penyakit kanker.

Intoleransi laktosa
Jika Anda menderita gangguan kesehatan yang satu ini, artinya tubuh tidak mampu mencerna laktosa – gula alami yang terdapat di dalam susu dan produk susu. Jika penderita intoleransi laktosa memaksakan diri minum susu, mereka akan merasa sakit pada perut, kembung, dan sering kentut.

Bahan campuran
Susu yang sudah dijual di pasaran juga kebanyakan sudah dicampur dengan berbagai bahan yang kurang menyehatkan. Sehingga membatasi konsumsi susu adalah salah satu pilihan terbaik untuk menjaga kesehatan.

Mengganggu enzim
Kebanyakan produk susu mengalami pasteurisasi untuk membunuh bakteri jahat. Namun selama proses tersebut, vitamin, protein, dan enzim juga ikut dihancurkan. Pasteurisasi juga membuat susu sulit dicerna oleh tubuh dan mengganggu sistem enzim manusia.

Menimbulkan alergi
Beberapa produk susu dikaitkan dengan risiko gangguan pernapasan dan alergi. Sehingga para ahli nutrisi menyarankan agar penderita masalah kesehatan tersebut membatasi konsumsi susu.

Radang sendi
Pada sebuah penelitian, konsumsi susu juga berhubungan dengan meningkatnya risiko radang sendi. Meskipun penelitian tersebut dilakukan pada tikus percobaan, tidak ada salahnya jika Anda juga mulai membatasi konsumsi susu.

Agar lebih jelas berapa jumlah susu yang bisa Anda konsumsi setiap hari, sebaiknya konsultasikan hal tersebut dengan dokter.

NIH pesan saya sebaiknya anda meminum susu 1 hari 2x saja jangan sampai berlebihan minumnya pagi dan malam itu hal yang baik untuk anda

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s