13 benda buatan indonesia yang dikagumi

image

1. Sepatu Anti Kekerasan Seksual

Sistem listrik ini berfungsi utk memberi efek kejut pada pelaku yg hendak melakukan tindakan kekerasan. Sistem kerjanya meniru raket listrik untuk membunuh nyamuk.” kata Hibar. Karya itu terinspirasi dari maraknya pelecahan seksual. Apalagi pelecehan seksual tersebut dilakukan di tempat² umum yg sepi. Awalnya, Hibar akan menciptakan celana dalam atau bra yg bisa mengeluarkan listrik. Namun, ide tersebut kandas krn berbagai pertimbangan, termasuk faktor keamanan jika pengguna tersengat arus listrik. Sepatu antikekerasan seksual ini mampu menghasilkan sengatan listrik hingga 2.000 volt.

2. KomNet (Kompor Magnet)

Kompor buatan Ganjar ini tdk menghasilkan api sehingga lebih aman digunakan. “Kalau kita memanaskan dengan peralatan masak dari logam, kompor ini tdk akan membuat bagian pegangan alat masak itu panas,” urainya. Kompor ini hanya bisa memanaskan material yang bersifat magnetik. Kompor ini juga aman. Begitu peralatan masak tak ditaruh di atas kompor, maka kompor otomatis akan mati.

3. Helm Berpendingin

Karya inovatif yg diciptakan seorang siswa SMP Petra Surabaya, Linus Nara Pradhana (13) akan segera dipasarkan. Nara berhasil menciptakan helm berpendingin. Pada bagian atas helm ada rongga yg berfungsi menyimpan sodium polyacrylate, yg biasa dipakai popok bayi. Perusahaan di Surabaya juga tertarik utk membeli lisensi karya Nara dan dijual massal dgn merk “Narravation”

4. BBU (Bahan Bakar Urine)

Siswa kelas 11 jurusan IPA SMA Negeri 10 Kota Malang, bernama Nurul Inayah dan Nando Novia. Mereka melakukan penelitian ini selama tiga bulan. Keduanya memanfaatkan listrik tenaga surya dan kencing manusia menjadi hidrogen yg menghasilkan listrik untuk menggerakkan mobil. Cukup jijik memang, tapi ini inovasi bagus untuk masa depan

5. PC Tablet Asli buatan Indonesia

Wakamini adalah komputer tablet seratus persen buatan Indonesia dengan harga yg terjangkau. Desain komputer tablet lokal ini cukup unik yg dapat diputar 180 derajat, berukuran 10 inchi & memiliki empat varian warna; coklat, merah, hitam dan biru. Sistem operasinya menggunakkan Windows 7 Home Premium dan Ultimate, dengan layar sentuh.

6. Lotion Anti Nyamuk dari Tembelek

Dalam penelitiannya, tim mahasiswa yang terdiri dari Maisel Priskila Sisilia, Dwi Sutanti, dan Arief Noviartara itu mamanfaatkan daun dan bunga tembelek. Dari bagian itu ada potensi sebagai insektisida nabati yang mengandung lantadene A, lantadene B, lantanolic acid, lantic acid, humule (mengandung minyak atsiri), b caryophyllene, g terpidene, a pinene dan rcymene “Serangga tidak menyukai zat itu sehingga tanaman ini berpotensi sebagai penolaknya,” kata Maisel ketua tim.

7. Chipset Wimax Xirka

Bukan usaha mudah memang membuat chip dengan kompleksitas yang cukup tinggi. Xirka yang dikawal beberapa engineer Indonesia ini mulai dikembangkan pada 2006. Chipset ini terdiri dari dua spesifikasi, yakni Chipset Xirka untuk Fixed Wimax dan Chipset Xirka untuk Mobile Wimax

8. Bra Penampung ASI

Devika, 17 tahun, membuat bra yang khusus untuk menampung air susu ibu (ASI) yang biasanya suka menetes dengan sendirinya. Ia juga memastikan susu yang menetes dan ditampung tersebut tetap terjaga kualitasnya. Kalo dari acara Kick A*ndy yg ane liat, katanya masih ada penyempurnaan. Selang untuk mengalirkan ASI masih terbuat dari bahan keras, jadi si pemakai pun tdk nyaman. But, overall inovasi yg patut diacungi jempol.

9. Egg Bag

Seperti namanya, tas berguna untuk membawa telur. tas dibuat dengan latar belakang risiko pecah saat berbelanja telur. Tas didesan berbentuk bulat telur dengan lubang-lubang di dalamnya untuk menempatakan telur. Egg Bag diciptakan oleh Arina Shofiyanes Afidah, Arinda Putri Cahyaningsih dan Intan Dewi Setyarini dari SMA Negeri 6 Yogyakarta.

10. Jas Hujan Multifungsi

Siswa MAN 2 Kudus, Himmatus Surroyya R dan Kana Dau S, membuat Jas Hujan Multifungsi. Jas yg didesain dapat berfungsi sebagai jas hujan, penutup sepeda motor dan tenda untuk berkemah. 3 in 1.

11. Mobil Arina-SMK

Quote:Mobil ini dirancang menggunakan mesin sepeda motor dgn kapasitas mesin 150cc – 250cc. Konsumsi bensin hanya 1 liter utk 40 km. Dinamakan Arina-SMK krn pembuatannya bekerja sama dgn Armada Indonesia (Arina) dgn siswa2 SMK.

12. Robot Temput TNI

Quote:Lembaga Pengkajian Teknologi (Lemjitek) TNI AD, Karangploso, Kabupaten Malang, mampu menciptakan robot tempur. Robot ini mampu berjalan 1 KM dari pusat kendali. Gunawan mengaku, kondisi robot ini belum sepenuhnya sempurna karena baru selesai proses perakitannya, kemungkinan masih sekitar 70-80% dari kondisi ideal yang diinginkan.

13. Pesawat Gatokaca N-250

Pesawat ini adalah pesawat regional komuter turboprop rancangan asli IPTN (Sekarang PT. Dirgantara Indonesia) yg diluncurkan tahun 1995. Kode N artinya Nusantara, menunjukan bahwa desain, produksi dan perhitungannya dikerjakan di Indonesia atau bahkan Nurtanio, yg merupakan pendiri dan perintis industri penerbangan di Indonesia. Pesawat ini diberi nama Gatotkaca dan primadona IPTN merebut pasar kelas 50-70 penumpang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s