Alasan kenapa nyamuk suka terbang didekat telinga

 

Ada beberapa alasan kenapa nyamuk suka terbang di sekitar kepala atau telinga kita hehehehe:

Alasan Pertama :
Nyamuk menyukai aroma yang keluar dari kelenjar keringat disekitar kepala. Jadi intinya bukan telinga, tapi kepala. Di bagian kepala, ada kelenjar keringat yang jika mengeluarkan keringat, akan tertahan oleh rambut. Nah, aroma dari keringat yang tertahan rambut itu yang disukai oleh nyamuk.

Salah satu contoh paling gampang yang bisa di praktekkan adalah sebagai berikut:
Coba saja anda gak mandi sore, lalu anda cari kumpulan nyamuk, pasti kumpulan nyamuk akan berseliweran di sekitar kepala anda. Hal ini jarang kita jumpai kalo yang punya rambut baru aja keramas. Atau kalo masih perlu bukti, coba tanyakan pada teman anda yang gundul. Pasti mereka jarang sekali mengeluh nyamuk terbang mendekati telinganya, karena mereka tidak punya rambut sehingga aroma keringat dari kulit kepalanya tidak tercium oleh nyamuk..

Alasan kedua :
Pada bagian tubuh manusia, telinga adalah bagian yang memiliki suhu yang mendekati suhu inti tubuh. Artinya suhu di telinga adalah yang paling konstan, dan lebih tinggi dari bagian tubuh manapun. Alasannya adalah Membran tympani hanya berjarak 3,8 cm dari hipotalamus dan darah pada arteri karotis internadan eksterna, adalah pembuluh darah yang menyuplai hipotalamus dan membran tympani.

Nyamuk mendeteksi panas. Dan ketika mendekati daerah sekitar kepala, dia sangat tertarik pada panas di daerah telinga. Itulah mengapa mereka suka ngider-ngider di sekitar telinga.

Alasan ketiga :
Sebenarnya, nyamuk tidak hanya mendekati bagian telinga. Namun juga bagian-bagian lain seperti lengan dan kaki. Pokoknya bagian tubuh yang terbuka (tidak tertutup pakaian). Namun pada kenyataannya, kita tidak peduli ketika mereka mendekati kaki atau lengan, kita baru terganggu kalo mereka sudah berada di sekitar kuping karena suaranya yang sangat mengganggu. Jadi menurut kita, nyamuk memang suka terbang di kuping aja. Padahal dia juga suka terbang di lengan dan kaki. Apa karena kaki kita gak bisa dengerin suara nyamuk ya hehehe,,, so pastilah..

Alasan Keempat :
Yang ini rada nyeleneh hehehe,,, Jadi seperti hal nya manusia, nyamuk juga membutuhkan ketenangan. Terutama ketenangan ketika sedang menyantap makanan. Bayangkan kalo kita lagi makan, kita pasti tidak ingin terganggu.

Nah, yang dilakukan nyamuk pun hampir sama. Mereka terba di sekitar telinga untuk memastikan bahwa kita memang sudah tidur pulas. Biar mereka bisa menyantap darah kita dengan leluasa. Dan nyamuk kalau menyerbu biasanya di daerah yang panas, khan jarang nyamuk nyerbu di daerah dingin.. kalo menurut saya nih, nyamuknya kalo bisa mikir kayak poin nomer empat, dia pasti bisa mikir gini, “manusia kalo di tempat dingin pasti pake jaket dan celana panjang, dan yang pasti bakal lebih ribet kalo mau nyedot darahnya, jadi mending nyari nafkah (darah) di daerah panas aja deh, orangnya pada pake hot pants n singlet semua”.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s